Senin, 09 Oktober 2017

Ekologi dan Ilmu Lingkungan



Ekologi dan Ilmu Lingkungan

Bab I
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

           Ilmu lingkungan adalah salah satu ilmu yang mengintegrasikan berbagai ilmu yang mempelajari jasad hidup (termasuk manusia) dengan lingkunga nya, antara lain aspek sosial, ekonomi, kesehatan, pertanian, sehingga ilmu ini dapat dikatakan sebagai poros, tempat berbagai azas dan konsep berbagai ilmu yang saling terkait satu sama lain untuk mengatasi masalah hubungan antara jasad hidup dengan lingkunganya.

          Lingkungan merupakan tempat untuk melakukan aktifitas semua makhluk hidup. Makhluk hidup tidak memungkinkan hidup sendiri tanpa interaksi dengan lingkungan.
Interaksi yang dilakukan terus menerus mengakibatkan banyaknya perubahan-perubahan yang mempunyai efek negatif dan positif pada lingkungan. Permasalahan perubahan akan teratasi ketika Makhluk hidup sadar akan pembelajaran mengenai pengetahuan lingkungan

1.2 Tujuan Penulisan

1.) Mempelajari pengertian dari ekologi dan ilmu lingkungan hidup
2.) Mempelajari Perbedaan dari ekologi dan ilmu lingkungan hidup
3.) Mengetahui Pendapat-pendapat para ahli tentang ekologi dan ilmu lingkungan hidup



1.3 Manfaat Penulisan

          Manfaat dari penulisan ini adalah semoga pembaca dapat memahami ekologi dan ilmu lingkungan hidup, serta dapat menghargai lingkungan agar tidak merusak ekosistem yang terdapat pada lingkungan sekitar. Dan pembaca lebih peduli terhadap makhluk-makhluk yang hidup untuk saling mengasihi serta saling menyayangi.

Bab II
Landasan Teori

2.1 Pengertian Ekologi dan Ilmu Lingkungan Hidup

          Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkunganya dan lainya. Berasal dari kata Yunani Oikos (Habitat) dan logos (Ilmu). Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungaya, atau bisa juga dikatakan bahwa ilmu mengenai rumah tangga makhluk hidup.
          Pembahasan ekologi tidak lepas dari pembahasan ekosistem dengan berbagai komponen penyusunya, yaitu faktor abiotik dan biotik. Faktor abiotik antara lain suhu, air, kelembaban, cahaya, dan topografi, sedangkan faktor biotik adalah makhluk hidup yang terdiri dari manusia,hewan dan tumbuhan. Ekologi juga berhubungan erat dengan tingkatan-tingkatan organisasi makhluk hidup, yaitu populasi, komunitas, dan ekosistem yang saling memengaruhi dan merupakan suatu sistem yang menunjukan kesatuan.
          Ekologi adalah ilmu yang sangat dasar dan tidak menekankan pada praktek. Dengan demikian orang yang belajar ekologi sesungguhnya mempertanyakan beberapa hal, antara lain :
   1. Bagai mana sistem bekerja
   2. Bagaimana spesies melakukan proses adaptasi terhadap lingkungan habitatnya.
   3. Bagai mana pola interaksi organisme tersebut.
   5. bagaimana mereka mencukupi kebutuhanya akan unsur hara juga energi.
   6. Bagaimana organisme tersebut berlaku dalam sebuah populasi, dll

         Sedangkan, ilmu lingkungan adalah bidang akademik multidispliner yang mengintegrasikan ilmu fisika, biologi, kimia, ekologi, ilmu tanah, geologi, sains atmosfer, dan geografi untuk mempelajari lingkungan, dan solusi dari permasalahan lingkungan ilmu lingkungan menyediakan pendekatan interdisipliner yang terintegrasi dan kuantitatif untuk mempelajari sistem lingkungan.
          Bidang terkait untuk dipelajari yaitu pembelajaran lingkungan dan teknik lingkungan. Pembelajaran lingkunga menggabungkan berbagai ilmu sosial untuk memahami hubungan antar manusia, persepsi, dan kebijakan mengenai teknik lingkungan.

2.1 Perbedaan Ekologi dan Ilmu Lingkungan.

          Ilmu lingkungan adalah ilmu yang mempelajari tentang kedudukan manusia yang pantas di lingkungannya. Sedangkan ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antar makhluk hidup dengan lingkungan nya. Perbedaannya terletak pada misi untuk mencari pengetahuan menyeluruh tentang alam & dampak perlakuan manusia terhadap lingkungannya, guna menimbulkan kesadaran dan tanggung jawab dalam pengelolaan lingkungan.

2.3 Pengertian Ekologi dan ilmu lingkungan Menurut Para Ahli


1.      Menurut Miller
Ekologi adalah suatu ilmu mengenai hubungan timbal balik diantara organisme serta sesamanya dan juga dengan lingkungannya.
2.      Menurut Otto Soemarwoto
Ekologi adalah suatu ilmu mengenai hubungan timbal balik diantara makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya.
3.      Menurut C. Elton
Ekologi adalah suatu ilmu yang mengkaji sejarah alam atau juga perkehidupan alam dengan secara ilmiah.
4.      Menurut Resosoedarmo
Ekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan.
5.      Menurut Andrewartha
Ekologi adalah suatu ilmu yang membahas penyebaran dan juga kemelimpahan organisme.
6.      Menurut Krebs
Ekologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mengkaji suatu interaksi yang menentukan adanya penyebaran dan juga kemelimpahan organisme.
7.      Menurut Eugene P. Odum
Ekologi adalah suatu kajian terstruktur serta fungsi alam, tentang suatu struktur dan juga interaksi diantara sesama organisme dengan  lingkungannya.

Bab III
Penutup
3.1 Kesimpulan

Kita sebagai manusia harus lebih menghargai terhadap lingkungan sekitar agar ekosistem yang ada dapat terjaga, tetapi banyak manusia yang masih kurang menyadari pentingnya ekosistem yang mengakibatkan ekosistem menjadi rusak oleh ulah manusia. Maka jagalah lingkungan sekitar agar lingkungan dapat terjaga sehingga menimbulkan kenyamanan untuk makhluk makhluk lain



Referensi :
1. https://mochammadikhsanudin.wordpress.com/ekologi-dan-ilmu-lingkungan/
2. https://dewiwiliyanti.wordpress.com/2015/03/29/ekologi-dan-ilmu-lingkungan-2/
3. http://tedyck.blogspot.co.id/2016/10/ekologi-dan-ilmu-lingkungan.html
4. http://rizkafauzanul.blogspot.co.id/2015/10/ekologi-dan-ilmu-lingkungan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar